Lembar
Kegiatan Siswa (LKS)
I. Tujuan:
Mengidentifikasi
larutan asam, basa, dan garam menggunakan kertas lakmus
II. Alat
dan Bahan:
1.
Gelas
plastik
2.
Pelat
tetes
3.
Pipet
tetes
4.
Kertas
lakmus
5.
Bahan-bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari, seperti cuka, sabun, kapur, air sumur,
garam, dan air jeruk.
III. Langkah
Kerja:
1.
Kumpulkan
bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari yang berupa bahan padat atau
larutan!
2.
Larutkan
bahan-bahan yang padat tersebut ke dalam air!
3. Masukkan
atau celupkan kertas lakmus ke dalam cekungan-cekungan pelat tetes!
4.
Teteskan
dengan pipet tetes asam, basa, dan netral dari bahan-bahan tersebut pada lakmus
yang terdapat di dalam cekungan pelat tetes!
5. Catat
hasil pengamatan dalam tabel dan klasifikasikan bahan-bahan tersebut ber
dasarkan sifatnya!
IV. Tabel
Pengamatan:
No.
|
Bahan-bahan
|
Hasil Pengamatan dengan Lakmus
|
Asam
|
Basa
|
Netral
|
1.
|
Larutan cuka
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
2.
|
Air jeruk
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
3.
|
Air aki
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
4.
|
Larutan gula
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
5.
|
Larutan sabun
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
6.
|
Larutan kapur
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
7.
|
Air teh
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
8.
|
Air sumur
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
9.
|
Larutan garam dapur
|
…………………………
|
………
|
………
|
………
|
V. Pertanyaan:
1.
Apa
yang terjadi pada kertas lakmus jika ditetesi dengan larutan asam, basa, atau
larutan netral?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.
Mengapa
larutan yang netral tidak dapat menunjukkan perubahan warna ada kertas lakmus?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Kesimpulan
apa yang kalian peroleh dari kegiatan tersebut?
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar